Cat, Sumber Racun dari Dalam Rumah

May 17, 2016

|

Category: Building, Interior, Real Estate, Tips, Trends

main image

Warna-warnanya yang cantik mampu membuat kita lupa akan bahaya yang mengancam di dalamnya.

Memilih warna untuk ruangan tentu sangat mengasyikkan! Selain bisa berkreasi dan bereksperimen, Anda juga bisa mengatur mood di setiap ruangan hanya dengan pengaplikasian warna yang tepat. Namun apakah rasa senang itu akan tetap ada jika ternyata, cat yang digunakan mengandung bahan-bahan berbahaya seperti merkuri dan timbal?

Mari kita lihat fakta dari kandungan berbahaya yang bersemayam di dalam cat dinding rumah Anda. Data dari WHO menunjukkan, 0.6% penyakit global disebabkan oleh keracunan timbal. Tidak hanya sampai di situ, timbal juga dapat merusak kecerdasan dan perkembangan mental sang buah hati. Bahan utama lain yang juga membahayakan kesehatan adalah VOC, aroma menyengatnya dapat menimbulkan iritasi saluran pernapasan dan mata yang berujung pada pusing, asma dan sinusitis.

Baca juga tentang warna yang tepat untuk kamar tidur Anda di artikel ini

78 Persen Cat Mengandung Timbal

Jika Anda bertanya apakah cat yang beredar di Indonesia sudah bebeas dari timbal? Jawabannya tidak. Balifokus melakukan sebuah penelitian dengan membeli 63 brand cat di pasaran dengan jenis yang berbeda-beda. Hasilnya, hanya 15 di antaranya yang memiliki konsentrasi timbal di bawah 90 ppm. 94 kaleng atau 78 persen dari sampel menunjukkan kadar timbal yang tinggi di angka 600 ppm.

Tips Memilih Cat yang Tepat

Walaupun cat sudah mengering, bukan berarti kandungan racun di dalamnya sudah menghilang. Racun tersebut masih bisa menempel pada tangan dan masuk ke dalam tubuh saat terjadi kontak pada mulut atau indera tubuh lainnya. Lebih telitilah dalam memilih cat, bukan hanya dari warna namun juga materialnya. Jangan terkecoh dengan cat yang lebih mudah diaplikasikan dan cepat mengering karena itu adalah salah satu indikasi kandungan zat solvent yang sangat berbahaya untuk Anda dan keluarga. Ikuti juga langkah-langkah berikut saat mengaplikasikan cat pada dinding ruangan:

  1. Gunakan masker dan pelindung mata
  2. Beristirahat dengan keluar dari ruangan setiap 30 menit
  3. Jangan tempati ruangan sebelum cat kering dan tunggu hingga uap tidak tercium lagi

 

 

View
Map

Vida View merupakan area residential dan komersial yang memadukan 3 tower apartment, 42 unit shophouse ekslusif dan 8 unit kios.

Hunian paling prestisius di Sulawesi Selatan menghadirkan gaya hidup urban modern yang eksklusif, desain arsitektur mewah di tengah atmosfer yang sangat hijau, teknologi yang ramah lingkungan, dan fasilitas yang mengakomodasi gaya hidup sehat penghuninya.

CitraGarden dikembangkan untuk menjadi hunian bagi sekitar 800 keluarga modern denan gaya hidup sehat. Rumah-rumah modern yang homey dan cantik, ditunjang lingkungan yang asri dan hijau, serta area komersial CitraGarden juga akan menjadi pilihan ideal untuk memulai bisnis anda,...

Satu-satunya kota mandiri terbesar, termegah dan terlengkap di kota Makassar yang diproyeksikan akan menjadi trend setter baru kawasan residensial mewah berstandar internasional di Sulawesi. CITRAGRAND GALESONG CITY, tempat sempurna untuk merepresentasikan status dan privilege Anda. Konsep self contained city menyediakan fasilitas...

Welcome to CitraLand City: Makassar’s Central Business District Selamat datang di CitraLand City, The Waterfront CBD-Makassar, sebuah konsep superblok terpadu berupa Oceanside Modern Living dengan lokasi emas di depan Pantai Losari dan pusat kota Makassar. Kompleks eksklusif dengan fasilitas...