Tips Aman Membeli Rumah Over Kredit

October 26, 2016

|

Category: Finance, Investment, Property, Real Estate, Tips

            Hidup menawarkan begitu banyak pilihan, termasuk saat Anda membeli rumah. Tidak ada yang salah dari membeli rumah over credit, namun pastikan prosesnya berlangsung aman dan menguntungkan.

            Banyak jalan menuju roma. Pepatah tersebut mungkin terasa klise, namun faktanya banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan yang Anda inginkan. Salah satunya adalah saat membeli rumah impian. Bayar tunai atau kredit, lewat bank atau developer, membeli yang indent atau bekas, semua ada di tangan pembeli. Salah satu pilihan yang mungkin banyak dihindari adalah membeli rumah over credit. Buang rasa khawatir akan ditipu atau dirugikan dan ikuti tips berikut untuk proses pembelian yang aman dan tepat.

Lewat Bank dan Notaris

Jangan terkecoh dengan proses pembelian yang cepat dan diurus oleh penjual. Proses beli itu disebut “di bawah tangan” dan dilakukan tanpa sepengetahuan bank atau notaris. Biaya yang dikeluarkan untuk administrasinya memang murah, namun tidak kuat di mata hukum dan bisa merugikan Anda di lain hari. Walaupun lebih rumit, libatkan bank dan notaris di dalam proses pembelian.

 

Surat-Surat Harus Lengkap

Saat mengajukan over credit ke pihak bank, ada beberapa dokumen yang harus disiapkan oleh Anda dan penjual untuk diserahkan sebagai persayaratan. Selain dokmuen untuk memenuhi persayaratan tersebut, pastikan juga penjual memiliki 5 sertifikat hunian yang wajib dimiliki (Berikut 5 sertifikat yang wajib dimiliki)

 

Cari Tahu Riwayat Pembayaran Cicilan

Jangan lupa bahwa rumah yang akan Anda beli ini punya riwayat cicilan yang belum selesai. Untuk itu cari info tentang track record pembayarannya, apakah ada tunggakan atau denda keterlambatan, berapa sisa cicilan yang harus di bayar, dan lain-lain. Dengan menghitung nilai transaksi dan nilai jual rumah, Anda bisa mengetahui apakah rumah tersebut memiliki harga yang pantas atau tidak.

 

Buat Surat Perjanjian

            Untuk menghindari penjual yang nakal, buatlah surat perjanjian yang mengikat kedua belah pihak. Surat tersebut bertujuan untuk memperjelas pengalihan hak tanah dan bangunan kepada Anda. Gunakan sebagai bukti pada pihak bank bahwa walaupun sertifikat dan angsuran masih atas nama penjual, namun haknya sudah beralih kepada pembeli.

View
Map

Vida View merupakan area residential dan komersial yang memadukan 3 tower apartment, 42 unit shophouse ekslusif dan 8 unit kios.

Hunian paling prestisius di Sulawesi Selatan menghadirkan gaya hidup urban modern yang eksklusif, desain arsitektur mewah di tengah atmosfer yang sangat hijau, teknologi yang ramah lingkungan, dan fasilitas yang mengakomodasi gaya hidup sehat penghuninya.

CitraGarden dikembangkan untuk menjadi hunian bagi sekitar 800 keluarga modern denan gaya hidup sehat. Rumah-rumah modern yang homey dan cantik, ditunjang lingkungan yang asri dan hijau, serta area komersial CitraGarden juga akan menjadi pilihan ideal untuk memulai bisnis anda,...

Satu-satunya kota mandiri terbesar, termegah dan terlengkap di kota Makassar yang diproyeksikan akan menjadi trend setter baru kawasan residensial mewah berstandar internasional di Sulawesi. CITRAGRAND GALESONG CITY, tempat sempurna untuk merepresentasikan status dan privilege Anda. Konsep self contained city menyediakan fasilitas...

Welcome to CitraLand City: Makassar’s Central Business District Selamat datang di CitraLand City, The Waterfront CBD-Makassar, sebuah konsep superblok terpadu berupa Oceanside Modern Living dengan lokasi emas di depan Pantai Losari dan pusat kota Makassar. Kompleks eksklusif dengan fasilitas...