Taman Mungil untuk Hunian Kecil

February 26, 2016

|

Category: Building, Property, Tips

main image

Menghadirkan nuansa hijau tidak harus membutuhkan ruang luas. Hunian kecil juga bisa tampak asri dengan taman kecil berisi tanaman favorit Anda!

Hunian minimalis mungkin dengan mudah membuat para penghuninya bosan karena sedikitnya elemen yang bisa diulik, ambient di dalamnya pun jadi tidak terasa hidup. Terlebih jika ketersediaan ruang dan lahan yang terbatas, tentu akan memberi batas gerak dalam mengeksplorasi setiap sudut ruangan yang sepenuhnya sudah terpakai. Namun hal ini bukanlah alasan untuk mematikan kreativitas Anda dalam mendesain rumah agar terasa lebih nyaman.

Nuansa asri dan hijau pada hunian akan memberi pemandangan yang memanjakan mata saat beristirahat di rumah. Hal tersebut juga akan mematahkan persepsi akan hunian minimalis yang terasa kaku dan plain. Untuk itu, taman adalah elemen penting yang diharapkan ada pada sebuah hunian. Jangan takut untuk coba menghadirkan ruang hijau walaupun hanya sedikit ruang yang tersedia. Dengan mengikuti beberapa tips berikut ini, ruang hijau pada hunian kecil Anda akan menjadi kenyataan!

Perencanaan Matang

Jika menurut Anda taman hanya berada di dalam rumah, pikirkan lagi. Banyak spot yang bisa digunakan sebagai ruang hijau dalam bentuk yang lebih unik dan tidak konvensional. Contohnya seperti di ruang tamu, ruang keluarga hingga sudut-sudut rumah yang terasa kosong. Hal tersebut bergantung pada konsep yang ingin digunakan. Keterbatasan lahan menuntut Anda lebih kreatif sehingga tercipta sebuah kreasi yang berbeda dengan sentuhan personal.

Pemilihan Tanaman

Disarankan untuk memilih tanaman berukuran kecil agar ruang hijau tetap terlihat manis dan asri tanpa terasa penuh sesak. Selain itu, dari sisi perawatan pun akan lebih mudah dan praktis. Mengenal lebih dekat karakter tanaman yang dipilih juga akan membantu Anda dalam mewujudkan konsep ruang hijau yang diinginkan. Jangan lupa tambahkan juga rumput di sekeliling tanaman untuk menghilangkan kesan gersang. Agar terlihat lebih asri dan alami, elemen tambahan seperti batu-batu alam akan membuat ruang hijau terlihat lebih hidup dan indah.

3

Jangan Membatasi Ruang Gerak

Jika berencana untuk meletakkan ruang hijau di bagian dalam rumah, perhatikan letaknya agar tidak mengganggu aktivitas dan ruang gerak Anda dan keluarga. Bagian belakang rumah atau area bawah tangga akan menjadi opsi yang sempurna. Konsep taman gantung juga bisa diaplikasikan untuk menghemat penggunaan ruang dengan memanfaatkan dinding rumah yang kosong. Anda dan keluarga akan tetap nyaman tanpa merasa terganggu dengan adanya para tanaman tersebut.

2

View
Map

Vida View merupakan area residential dan komersial yang memadukan 3 tower apartment, 42 unit shophouse ekslusif dan 8 unit kios.

Hunian paling prestisius di Sulawesi Selatan menghadirkan gaya hidup urban modern yang eksklusif, desain arsitektur mewah di tengah atmosfer yang sangat hijau, teknologi yang ramah lingkungan, dan fasilitas yang mengakomodasi gaya hidup sehat penghuninya.

CitraGarden dikembangkan untuk menjadi hunian bagi sekitar 800 keluarga modern denan gaya hidup sehat. Rumah-rumah modern yang homey dan cantik, ditunjang lingkungan yang asri dan hijau, serta area komersial CitraGarden juga akan menjadi pilihan ideal untuk memulai bisnis anda,...

Satu-satunya kota mandiri terbesar, termegah dan terlengkap di kota Makassar yang diproyeksikan akan menjadi trend setter baru kawasan residensial mewah berstandar internasional di Sulawesi. CITRAGRAND GALESONG CITY, tempat sempurna untuk merepresentasikan status dan privilege Anda. Konsep self contained city menyediakan fasilitas...

Welcome to CitraLand City: Makassar’s Central Business District Selamat datang di CitraLand City, The Waterfront CBD-Makassar, sebuah konsep superblok terpadu berupa Oceanside Modern Living dengan lokasi emas di depan Pantai Losari dan pusat kota Makassar. Kompleks eksklusif dengan fasilitas...