Sudah Bayar Pajak Properti Belum?

October 26, 2016

|

Category: Finance, Property, Real Estate, Tips

            Dianggap menyusahkan, pajak justru mampu mempermudah berbagai urusan properti yang Anda miliki.

            Saat mendengar kata pajak, tidak sedikit orang memberi respon kurang positif. Hal tersebut tidak mengherankan mengingat bagaimana proses penghitungannya yang begitu rumit. Padahal taat membayar pajak adalah bukti bahwa Anda bertanggung jawab atas harta yang dimiliki di negara ini. Untuk itu mari kenal lebih dekat dan cari tahu pajak apa saja yang wajib dibayar untuk setiap properti yang dimiliki.

 

Fungsi Pajak Properti

            Saat Anda berkecimpung di dunia bisnis properti, pajak tentu menjadi salah satu poin yang wajib diprioritaskan. Hal tersebut sangat krusial mengingat pajak mampu menjadi bukti kepemilikan suatu bangunan atau tanah. Tentu Anda tidak ingin mendapat masalah di masa depan karena pembayaran pajak yang tidak lengkap, bukan? Selain itu, Pembayaran pajak yang diserahkan kepada negara akan digunakan untuk membiayai infrastruktur sehingga harga properti yang Anda miliki bisa terus naik.

 

5 Jenis Pajak Properti

 

PBB (Pajak Bumi dan Bangunan)

Pajak satu ini harus dibayar setiap tahun dan dikenakan kepada pemilik properti. Jika dulu pembayarannya diurus oleh pemerintah pusat, sejak tahun 2014 regulasinya telah berubah dan menyatakan bahwa PBB akan dikelola oleh pemerintah daerah setempat.

 

BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan)

Tidak seperti PBB, pajak BPHTB hanya dibayar saat serah terima properti, baik yang baru maupun yang lama. Sama halnya dengan PBB, pajak satu ini telah akan dikelola pleh pemerintah daerah.

 

PPh (Pajak Penghasilan)

PPh akan menjadi tanggung jawab perorangan atau pengembang yang mengalihkan kepemilikan properti.

 

PPN (Pajak Pertambahan Nilai)

Berbeda dengan pajak sebelumnya, PPN tidak hanya ditujukan untuk pembeli properti baru namun juga saat melakukan pembangunan rumah. Untuk pajak yang satu ini, Anda dapat mengurusnya lewat developer (jika membeli properti dari pengembang) atau diurus sendiri (jika membeli dari perorangan).

 

PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah)

Untuk pajak yang satu ini hanya berlaku pada properti yang dibeli dari developer dan masuk ke dalam kategori barang mewah.
Cari tahu waktu terbaik berinvestasi properti di sini!

 

 

View
Map

Vida View merupakan area residential dan komersial yang memadukan 3 tower apartment, 42 unit shophouse ekslusif dan 8 unit kios.

Hunian paling prestisius di Sulawesi Selatan menghadirkan gaya hidup urban modern yang eksklusif, desain arsitektur mewah di tengah atmosfer yang sangat hijau, teknologi yang ramah lingkungan, dan fasilitas yang mengakomodasi gaya hidup sehat penghuninya.

CitraGarden dikembangkan untuk menjadi hunian bagi sekitar 800 keluarga modern denan gaya hidup sehat. Rumah-rumah modern yang homey dan cantik, ditunjang lingkungan yang asri dan hijau, serta area komersial CitraGarden juga akan menjadi pilihan ideal untuk memulai bisnis anda,...

Satu-satunya kota mandiri terbesar, termegah dan terlengkap di kota Makassar yang diproyeksikan akan menjadi trend setter baru kawasan residensial mewah berstandar internasional di Sulawesi. CITRAGRAND GALESONG CITY, tempat sempurna untuk merepresentasikan status dan privilege Anda. Konsep self contained city menyediakan fasilitas...

Welcome to CitraLand City: Makassar’s Central Business District Selamat datang di CitraLand City, The Waterfront CBD-Makassar, sebuah konsep superblok terpadu berupa Oceanside Modern Living dengan lokasi emas di depan Pantai Losari dan pusat kota Makassar. Kompleks eksklusif dengan fasilitas...