Regulasi Kepemilikan Properti Asing, Seberapa Besarkah Dampaknya?

March 3, 2016

|

Category: Finance, Investment, Progress, Property, Real Estate, Tips

 

House owner/real estate agent giving away the keys - house out of focus

Akhinya pemerintah membuka kebebasan bagi orang asing untuk memiliki hunian di Indonesia, namun apakah akan memberi dampak yang signifikan terhadap bisnis properti?

Sebagai revisi dari undang-undang yang sebelumnya yaitu PP nomor 41 tahun 1996, tahun kemarin pemerintah mengeluarkan PP nomor 103 tahun 2015. Peraturan yang berisi tentang kepemilikan rumah tempat tinggal atau hunian oleh orang asing yang berkedudukan di Indonesia ini tentu mendapat banyak perhatian dari para pemain bisnis properti. Pasalnya hal ini tentu membuka calon pembeli baru dan akan berpengaruh pada nilai properti itu sendiri. Namun, benarkah hal tersebut akan terjadi?

Mengulik Kembali Isi Regulasi

Sebelum membahas jauh tentang peraturan baru ini, ada baiknya kita mengatahui isinya terlebih dahulu. Dari segi kepemilikan, yang diperbolehkan memiliki properti adalah orang asing yang wajib tinggal di Indonesia. Jika WNA bersangkutan tidak lagi tinggal di Indonesia, maksimal 1 tahun lamanya, maka properti yang dimiliki akan dilelang oleh Negara.

Jangka waktu yang diberikan untuk status hak pakai terbilang cukup lama, yaitu 30 tahun yang dapat diperpanjang hingga 20 tahun dan bisa diperbaharui kembali untuk 30 tahun ke depan. Maka total yang dimiliki WNA untuk status hak pakai properti yang dimilikinya mencapai 80 tahun. Regulasi tersebut juga mengatur nilai dan jumlah properti yang dapat dimiliki warga asing yaitu sekitar 5-10 milyar sebanyak satu atau paling banyak dua unit.

Pro dan Kontra Regulasi Baru

Banyak komentar yang bermunculan terkait regulasi baru yang dikeluarkan oleh pemerintah ini. Walaupun peraturan tersebut dibuat untuk meningkatkan devisa Negara dan pembangunan nasional dari sektor properti, ada beberapa yang dirasa kurang sinkron dengan yang dihadapi di lapangan. Contohnya seperti kewajiban pemilik properti untuk tinggal dan bekerja di Indonesia, pasalnya jumlah WNA yang bekerja di Indonesia masih terbilang sedikit sedangkan dengan tingkat antusias peminat properti yang berdomisili di luar negeri dapat menjadi target market yang potensial.

Selain itu ketentuan nilai properti yang kurang bersaing dengan Negara tetangga dirasa akan mengurangi minat warga asing untuk membeli properti di Indonesia, terlebih mereka hanya diperbolehkan memiliki paling banyak 2 unit properti. Dengan kontribusi sektor properti yang cukup besar pada pemasukkan kas Negara, tentu dibutuhkan regulasi pemerintah yang mendukung jalannya sektor yang diakui padat karya dan pada modal ini. Namun dengan ketentuan yang telah dibuat tentu terdapat sebuah harapan besar agar Indonesia dapat bersaing dengan Negara berkembang lainnya.

 

View
Map

Vida View merupakan area residential dan komersial yang memadukan 3 tower apartment, 42 unit shophouse ekslusif dan 8 unit kios.

Hunian paling prestisius di Sulawesi Selatan menghadirkan gaya hidup urban modern yang eksklusif, desain arsitektur mewah di tengah atmosfer yang sangat hijau, teknologi yang ramah lingkungan, dan fasilitas yang mengakomodasi gaya hidup sehat penghuninya.

CitraGarden dikembangkan untuk menjadi hunian bagi sekitar 800 keluarga modern denan gaya hidup sehat. Rumah-rumah modern yang homey dan cantik, ditunjang lingkungan yang asri dan hijau, serta area komersial CitraGarden juga akan menjadi pilihan ideal untuk memulai bisnis anda,...

Satu-satunya kota mandiri terbesar, termegah dan terlengkap di kota Makassar yang diproyeksikan akan menjadi trend setter baru kawasan residensial mewah berstandar internasional di Sulawesi. CITRAGRAND GALESONG CITY, tempat sempurna untuk merepresentasikan status dan privilege Anda. Konsep self contained city menyediakan fasilitas...

Welcome to CitraLand City: Makassar’s Central Business District Selamat datang di CitraLand City, The Waterfront CBD-Makassar, sebuah konsep superblok terpadu berupa Oceanside Modern Living dengan lokasi emas di depan Pantai Losari dan pusat kota Makassar. Kompleks eksklusif dengan fasilitas...