Perlukah Memasang Plinth?

November 14, 2016

|

Category: Building, Interior, Property, Real Estate, Tips, Trends

            Lebih dari sekedar mempercantik ruangan. Pembatas dinding dan lantai ini juga mempunyai banyak fungsi yang akan menolong Anda dalam memaksimalkan rasa nyaman di dalam rumah.

            Sebelum membahas lebih jauh tentang “pembatas dinding dan lantai” ini, mari kita perjelas terlebih dahulu tentang plinth. Apa itu plinth? Jika Anda tidak tahu, wajar saja kok karena istilah ini biasa disebut di dunia arsitektur. Plinth sendiri merupakan alas tiang yang biasa ditemui terpasang secara vertikal di bagian bawah dinding. Pengaplikasiannya sendiri sudah ada sejak zaman romawi kuno. Mungkin sebagian orang berfikir bahwa alas tiang ini hanya berfungsi sebagai border yang membuat ruangan jadi lebih berdimensi dan cantik. Padahal plinth punya fungsi yang lebih dari sekedar mementingkan estetika di dalam hunian.

Menjaga Kebersihan Dinding

Bagian bawah dinding adalah area paling rawan yang mudah kotor dan lembab. Penyebabnya adalah debu dan air saat menyapu atau mengepel lantai. Plinth menjaga dinding dari kontak dua elemen tersebut agar tetap terjaga kebersihannya.

Mencegah Debu yang Berkumpul Di Sudut Ruangan

            Sering kali Anda menemukan kumpulan debu di bagian sudut dinding ruangan. Selain susah dibersihkan, keadaannya pun membuat ruangan terlihat tidak bersih dan kurang indah. Dinding yang sudah dipasangi plinth akan terhindari dari debu tersebut dan kalaupun ada, akan lebih mudah dibersihkan.

Menghindari Goresan Pada Dinding

            Saat merubah tatanan ruang di dalam rumah, sering kali rasa kecewa timbul akibat banyaknya noda akibat gesekan furnitur yang menempel pada dinding. Mau tidak mau Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk mengecat ulang. Namun hal tersebut bisa saja tidak tejadi jika plinth sudah terpasang sebelumnya. Ketebalan alas tiang akan memberi jarak sehingga furnitur tidak benar-benar menempel pada dinding. Ucapkan selamat tinggal pada dinding yang lecet!

Pilihan Material yang Beragam

            Memasang plinth tidak harus mahal karena ada berbagai macam material alternatif yang bisa disesuaikan dengan budget Anda. Selain keramik, material lain seperti kayu, waterproofing, alumunium, cat kolam hingga kaca bisa digunakan untuk membatasi dinding dan lantai di dalam ruangan. Namun perlu diperhatikan karena bentuknya yang mengarah keluar, pastikan ujung plinth tidak tajam untuk menjaga keamanan di dalam rumah.

Setelah mengetahui fungsi plinth yang sebenarnya, masihkah Anda ragu untuk memasang alas tiang di dalam rumah?

Yuk cari tahu lebih banyak tentang smart home! 

View
Map

Vida View merupakan area residential dan komersial yang memadukan 3 tower apartment, 42 unit shophouse ekslusif dan 8 unit kios.

Hunian paling prestisius di Sulawesi Selatan menghadirkan gaya hidup urban modern yang eksklusif, desain arsitektur mewah di tengah atmosfer yang sangat hijau, teknologi yang ramah lingkungan, dan fasilitas yang mengakomodasi gaya hidup sehat penghuninya.

CitraGarden dikembangkan untuk menjadi hunian bagi sekitar 800 keluarga modern denan gaya hidup sehat. Rumah-rumah modern yang homey dan cantik, ditunjang lingkungan yang asri dan hijau, serta area komersial CitraGarden juga akan menjadi pilihan ideal untuk memulai bisnis anda,...

Satu-satunya kota mandiri terbesar, termegah dan terlengkap di kota Makassar yang diproyeksikan akan menjadi trend setter baru kawasan residensial mewah berstandar internasional di Sulawesi. CITRAGRAND GALESONG CITY, tempat sempurna untuk merepresentasikan status dan privilege Anda. Konsep self contained city menyediakan fasilitas...

Welcome to CitraLand City: Makassar’s Central Business District Selamat datang di CitraLand City, The Waterfront CBD-Makassar, sebuah konsep superblok terpadu berupa Oceanside Modern Living dengan lokasi emas di depan Pantai Losari dan pusat kota Makassar. Kompleks eksklusif dengan fasilitas...