Mengatasi Rumah Lembab

August 26, 2016

|

Category: Interior, Property, Real Estate, Tips

Jika udara terasa panas, dinding terlihat kusam dan banyak bercak air yang menguning, saatnya memeriksa kadar air di dalam rumah Anda!

Rasa nyaman bisa diciptakan dari mana saja, misalnya pengaturan interior rumah hingga pemilihan warna yang dapat memanjakan mata di saat lelah. Ada satu hal penting yang tidak jarang luput dari perhatian namun begitu terasa, yaitu kadar kelembaban di dalam ruangan. Coba diingat, apakah Anda sering merasa panas dan sesak saat berada di dalam rumah? Atau furnitur kayu mulai terlihat keropos dan rusak? Hal tersebut menjadi bukti bahwa kandungan air pada udara di ruangan terlalu tinggi.

 

Mengganggu Kesehatan dan Lingkungan

Mungkin mengatur kadar kelembaban ruangan terdengar sepele untuk Anda, namun perlu diketahui bahwa hal ini bukan hanya tentang rasa panas saat berada di dalam rumah.

  1. Barang-barang elektronik cepat rusak karena tumbuh jamur di bagian dalamnya
  2. Furnitur kayu dan logam akan lapuk dan berkarat karena kandungan air di udara
  3. Kesehatan keluarga terganggu akibat jamur dan bakteri yang berkembangbiak
  4. Penyakit seperti sesak napas, batuk dan alergi adalah beberapa contoh penyakit yang dapat ditimbulkan oleh ruangan lembab
  5. Bau yang tidak sedap dan warna cat menjadi kusam, bahkan mengelupas

 

Penyebab Rumah Menjadi Lembab

Tentu tidak menyenangkan jika 5 hal di atas terjadi di rumah Anda. Tidak sabar ingin segera mengatasinya? Terlebih dahulu, mari kita cari tahu apa saja penyebab utama dari meningkatnya kadar air di dalam ruangan.

  1. Rembesan air dari atap yang bocor
  2. Sirkulasi udara yang tidak baik
  3. Genangan air akibat saluran air yang kurang rapat atau pecah
  4. Tidak adanya lapisan waterproof pada dinding luar sehingga air hujan meresap dan membuatnya lembab
  5. Retakan halus pada dinding keramik kamar mandi

 

Tips Jitu Menjaga Kadar Kelembaban Ruangan

Banyaknya penyebab dan akibat yang ditimbulkan dari lembabnya suhu ruangan jangan sampai membuat Anda takut dan khawatir ya. Banyak kok cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

  1. Memperbaiki sumber kelembaban
  2. Memaksimalkan bukaan pada rumah, termasuk memasang exhaust fan sebagai alternatif
  3. Pasang dehumidifier di dalam rumah
  4. Kipas angin yang terpasang di plafon dapat membantu dan memaksimalkan proses sirkulasi udara
  5. Meletakkan kapur serap air di beberapa titik rumah

 

Cari tahu seperti apa lingkungan terbaik untuk keluarga di sini

View
Map

Vida View merupakan area residential dan komersial yang memadukan 3 tower apartment, 42 unit shophouse ekslusif dan 8 unit kios.

Hunian paling prestisius di Sulawesi Selatan menghadirkan gaya hidup urban modern yang eksklusif, desain arsitektur mewah di tengah atmosfer yang sangat hijau, teknologi yang ramah lingkungan, dan fasilitas yang mengakomodasi gaya hidup sehat penghuninya.

CitraGarden dikembangkan untuk menjadi hunian bagi sekitar 800 keluarga modern denan gaya hidup sehat. Rumah-rumah modern yang homey dan cantik, ditunjang lingkungan yang asri dan hijau, serta area komersial CitraGarden juga akan menjadi pilihan ideal untuk memulai bisnis anda,...

Satu-satunya kota mandiri terbesar, termegah dan terlengkap di kota Makassar yang diproyeksikan akan menjadi trend setter baru kawasan residensial mewah berstandar internasional di Sulawesi. CITRAGRAND GALESONG CITY, tempat sempurna untuk merepresentasikan status dan privilege Anda. Konsep self contained city menyediakan fasilitas...

Welcome to CitraLand City: Makassar’s Central Business District Selamat datang di CitraLand City, The Waterfront CBD-Makassar, sebuah konsep superblok terpadu berupa Oceanside Modern Living dengan lokasi emas di depan Pantai Losari dan pusat kota Makassar. Kompleks eksklusif dengan fasilitas...