Memilih Material untuk Bangunan Hunian

February 15, 2016

|

Category: Building, Property, Real Estate, Tips

Tidak hanya desain rumah, material bangunan juga harus mendapat perhatian lebih. Hal ini lah yang akan menentukan umur dari tempat tinggal Anda.

Walaupun memiliki peranan paling penting dalam kenyamanan, sering kali material menjadi prioritas kedua saat membangun atau memilih tempat tinggal. Padahal, bahan baku yang digunakan dapat menjadi indikator apakah bangunan dapat bertahan lama atau tidak. Pemilihannya pun tidak sembarangan dan harus disesuaikan dengan kondisi lokasi serta desain hunian yang diinginkan. Salah perencanaan dapat membuat bangunan mudah rusak karena perubahaan dari waktu ke waktu. Untuk itu, mari kita kenal lebih dekat sebelum memilih material apa saja yang akan digunakan untuk tempat tinggal yang berkualitas.

 

main image

Besi beton

Material satu ini biasa digunakan untuk pondasi hingga dinding bangunan. Ukurannya pun bervariasi dari ukuran terkecil yaitu 10 mm hingga yang terbesar 12 meter. Agar bangunan lebih kokoh, pilih yang ukuran besar dan jangan lupa teliti sebelum membeli.

Pasir

Inilah material wajib yang harus ada karena termasuk dalam bahan pokok bangunan. Pilih pasir yang bersih dari kandungan lumpur karena hal tersebut berpengaruh pada konstruksi bangunan, tidak hanya dari kualitas namun juga kuantitas pemakaiannya yang lebih banyak saat proses pengecoran. Pilih butiran pasir yang tajam dan tidak menggumpal untuk acian terbaik.

Bata merah

Bata merah berukuran sedang adalah pilihan yang tepat karena memiliki sifat keras, tidak mudah pecah dan ukurannya yang seragam sehingga lebih mudah saat penyusunan. Selain itu bata merah tidak menyerap panas sehingga ruangan akan terasa lebih sejuk dan nyaman untuk Anda dan keluarga.

Semen

Jangan ragu untuk memilih semen dari merk berkualitas agar bangunan lebih bagus dan konstruksi pun kuat. Cara paling mudah memilih semen sebelum dibuka kemasannya adalah dengan menekan kemasannya. Jika terasa keras maka semen tersebut tidak baik untuk digunakan. Tekstur yang halus seperti pasir adalah indikator bahwa semen tersebut berkualitas tinggi.

Kayu

Sekarang kayu tidak hanya digunakan sebagai pondasi namun juga bagian dari interior rumah. Agar lebih kuat, pilih kayu dengan kadar air di bawah 20% seperti kayu kamper samarinda dan kamper rasamala yang kokoh. Ada baiknya memilih kayu yang sudah di oven/dikeringkan agar tidak cepat lapuk.

Genteng

Cuaca tropis Indonesia membuat semua orang ingin agar rumahnya terasa lebih sejuk secara alami. Genteng dari tanah liat dan beton adalah pilihan yang tepat. Stukturnya baik, tidak mudah lapuk, tahan terhadap api dan berbagai cuaca. Namun massanya yang berat membutuhkan kerangka atap lebih kuat.

View
Map

Vida View merupakan area residential dan komersial yang memadukan 3 tower apartment, 42 unit shophouse ekslusif dan 8 unit kios.

Hunian paling prestisius di Sulawesi Selatan menghadirkan gaya hidup urban modern yang eksklusif, desain arsitektur mewah di tengah atmosfer yang sangat hijau, teknologi yang ramah lingkungan, dan fasilitas yang mengakomodasi gaya hidup sehat penghuninya.

CitraGarden dikembangkan untuk menjadi hunian bagi sekitar 800 keluarga modern denan gaya hidup sehat. Rumah-rumah modern yang homey dan cantik, ditunjang lingkungan yang asri dan hijau, serta area komersial CitraGarden juga akan menjadi pilihan ideal untuk memulai bisnis anda,...

Satu-satunya kota mandiri terbesar, termegah dan terlengkap di kota Makassar yang diproyeksikan akan menjadi trend setter baru kawasan residensial mewah berstandar internasional di Sulawesi. CITRAGRAND GALESONG CITY, tempat sempurna untuk merepresentasikan status dan privilege Anda. Konsep self contained city menyediakan fasilitas...

Welcome to CitraLand City: Makassar’s Central Business District Selamat datang di CitraLand City, The Waterfront CBD-Makassar, sebuah konsep superblok terpadu berupa Oceanside Modern Living dengan lokasi emas di depan Pantai Losari dan pusat kota Makassar. Kompleks eksklusif dengan fasilitas...