Memilih Lampu yang Tepat Untuk Kamar Tidur

July 28, 2016

|

Category: Interior, Property, Tips, Trends

 

Tidak hanya tentang pencahayaan, lampu kamar yang tepat juga mampu memberi dampak positif pada kesehatan Anda.

Apakah Anda tidur dengan kondisi lampu yang dimatikan? Jika ya, berarti Anda termasuk dalam golongan yang sadar betapa bahayanya tidur dengan lampu menyala. Fakta tentang pancaran sinar lampu yang menerangi tubuh saat tidur sudah banyak dibicarakan. Mulai dari penyebab kanker, leukemia pada anak hingga metabolisme tubuh yang terganggu. Hal tersebut membuat banyak orang tidak mengambil pusing soal desain pencahayaan di dalam kamar, asal redup semuanya beres.

Namun ingatkah beberapa ritual yang biasa dilakukan sebelum tidur seperti menonton televisi, bermain gadget hingga membaca buku? Semuanya membutuhkan penerangan yang cukup. Jika dibiarkan maka kesehatan mata pun berkurang. Jangan biarkan salah satu aset terpenting pada tubuh ini menjadi korban. Mari mendesain ulang tata pencahayaan di dalam kamar yang sesuai dengan gaya hidup Anda.

Tips menekan budget listrik bulanan Anda!

2

Warna Lampu

Nuansa remang-remang yang memberi kesan hangat dan nyaman saat beristirahat bisa diciptakan dari lampu berwarna oranye dengan intensitas cahaya yang rendah. Selain memberi efek menenangkan, warna lampu ini juga memberi kesan dramatis di dalam kamar. Namun tidak ada salahnya untuk menggunakan warna putih pada bed lamp untuk digunakaan saat membaca.

3

Letakkan Sesuai Kebutuhan

Kebanyakan orang hanya menggunakan satu titik pencahayaan pada kamar yaitu ditengah-tengah atap ruangan. Hal tersebut bisa dibilang kuno karena dapat mengganggu mata yang ingin beristirahat. Letakkan lampu bercahaya redup pada posisi yang tidak mengenai mata secara langsung seperti samping tempat tidur atau pojok ruangan untuk pencahayaan saat beristirahat. Namun penggunaan lampu yang lebih terang juga tidak boleh ketinggalan agar mata tetap nyaman saat melakukan kegiatan lain di dalam kamar.

4

Sesuaikan Ukuran Lampu dengan Ruangan

Agar pencahyaan lebih fokus, pilih ukuran lampu berdasarkan luas kamar. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari disfungsi dari desain pencahayaan: lampu besar pada ruangan kecil dapat menyilaukan mata sedangkan kamar yang luas akan terasa gelap jika lampu yang digunakan terlalu kecil. Untuk yang satu ini memang harus disiasati lebih teliti dan cermat. Namun jika kesulitan, Anda dapat berkonsultasi dengan desainer interior yang lebih mengerti apa yang dibutuhkan pada kamar.

 

View
Map

Vida View merupakan area residential dan komersial yang memadukan 3 tower apartment, 42 unit shophouse ekslusif dan 8 unit kios.

Hunian paling prestisius di Sulawesi Selatan menghadirkan gaya hidup urban modern yang eksklusif, desain arsitektur mewah di tengah atmosfer yang sangat hijau, teknologi yang ramah lingkungan, dan fasilitas yang mengakomodasi gaya hidup sehat penghuninya.

CitraGarden dikembangkan untuk menjadi hunian bagi sekitar 800 keluarga modern denan gaya hidup sehat. Rumah-rumah modern yang homey dan cantik, ditunjang lingkungan yang asri dan hijau, serta area komersial CitraGarden juga akan menjadi pilihan ideal untuk memulai bisnis anda,...

Satu-satunya kota mandiri terbesar, termegah dan terlengkap di kota Makassar yang diproyeksikan akan menjadi trend setter baru kawasan residensial mewah berstandar internasional di Sulawesi. CITRAGRAND GALESONG CITY, tempat sempurna untuk merepresentasikan status dan privilege Anda. Konsep self contained city menyediakan fasilitas...

Welcome to CitraLand City: Makassar’s Central Business District Selamat datang di CitraLand City, The Waterfront CBD-Makassar, sebuah konsep superblok terpadu berupa Oceanside Modern Living dengan lokasi emas di depan Pantai Losari dan pusat kota Makassar. Kompleks eksklusif dengan fasilitas...