Memaksimalkan Sirkulasi Udara di Dalam Rumah

February 5, 2016

|

Category: Interior, Property, Real Estate, Tips

main image (1)

Banyak yang belum menyadari betapa pentingnya proses pergantian udara di dalam ruangan. Ternyata efeknya lebih dari sekedar memberi sebuah kenyamanan.

Ada begitu banyak aspek yang perlu diperhatikan dalam menciptakan hunian yang nyaman dan ideal untuk keluarga. Salah satu elemen yang paling penting dan tidak jarang luput dari perhatian adalah sirkulasi udara di dalam ruangan. Desain bangunan sangat berpengaruh pada proses tersebut dan bisa memberi efek positif atau pun negatif untuk suasana di dalam rumah.

Ruangan yang tidak mengalami pergantian udara akan terasa panas dan tidak nyaman, selain itu kuman dan virus dapat bersarang di dalamnya dan menjadi sumber penyakit. Sirkulasi udara alami tidak hanya mengubah kualitas hidup Anda namun juga akan menghemat penggunaan listrik dan mengurangi biaya tiap bulannya. Mari memaksimalkan proses sirkulasi udara dengan mendesain ulang hunian untuk tempat tinggal yang ideal bagi keluarga.

  1. Menganalisa arah angin

Sebelum menentukan desain, ada baiknya memeriksa terlebih dahulu arah angin yang berhembus ke lahan hunian. Dari hasil analisa tersebut Anda dapat memastikan letak bukaan untuk udara masuk. Pasang jendela, bilah-bilah atau kusen sesuai dengan arah hembusan angin untuk membentuk jalur pergerakan udara. Beri bukaan pada arah berlawanan sebagai aplikasi sistem cross ventilation. Kipas exhaust juga dapat digunakan untuk beberapa ruangan yang membutuhkan pergantian udara ekstra seperti dapur dan kamar mandi.

1

  1. Bentuk Atap

 

Tidak jarang terjadi pengaplikasian yang kurang tepat pada hunian desain modern minimalis. Atap rumah yang dibuat mendatar sangat tidak cocok untuk Negara beriklim tropis seperti Indonesia karena lebih mudah terkena radiasi matahari. Ruangan akan terasa semakin panas dan lembab. Desain atap yang tinggi seperti pendopo adalah pilihan yang tepat karena ruang kosong antara plafon dan atap akan membentuk bantalan udara. Pemasangan ventilator dengan posisi berada di tengah-tengah plafon dan atap juga mampu membantu proses sirkulasi udara agar ruangan tetap terasa dingin.

2

  1. Ada lahan lebih? Jadikan taman!

Terkadang kita kurang mengindahkan lahan hijau di dalam rumah dan memilih untuk menghilangkannya. Padahal area tersebut tidak hanya sebagai pemanis namun juga ruang untuk sirkulasi udara. Untuk rumah berlantai 2, taman bisa diijadikan void yang tidak hanya menjadi jalur sirkulasi udara namun juga pencahayaan alami agar ruangan tetap terang tanpa bantuan penerangan dari lampu.

3

 

View
Map

Vida View merupakan area residential dan komersial yang memadukan 3 tower apartment, 42 unit shophouse ekslusif dan 8 unit kios.

Hunian paling prestisius di Sulawesi Selatan menghadirkan gaya hidup urban modern yang eksklusif, desain arsitektur mewah di tengah atmosfer yang sangat hijau, teknologi yang ramah lingkungan, dan fasilitas yang mengakomodasi gaya hidup sehat penghuninya.

CitraGarden dikembangkan untuk menjadi hunian bagi sekitar 800 keluarga modern denan gaya hidup sehat. Rumah-rumah modern yang homey dan cantik, ditunjang lingkungan yang asri dan hijau, serta area komersial CitraGarden juga akan menjadi pilihan ideal untuk memulai bisnis anda,...

Satu-satunya kota mandiri terbesar, termegah dan terlengkap di kota Makassar yang diproyeksikan akan menjadi trend setter baru kawasan residensial mewah berstandar internasional di Sulawesi. CITRAGRAND GALESONG CITY, tempat sempurna untuk merepresentasikan status dan privilege Anda. Konsep self contained city menyediakan fasilitas...

Welcome to CitraLand City: Makassar’s Central Business District Selamat datang di CitraLand City, The Waterfront CBD-Makassar, sebuah konsep superblok terpadu berupa Oceanside Modern Living dengan lokasi emas di depan Pantai Losari dan pusat kota Makassar. Kompleks eksklusif dengan fasilitas...