Jangan Beli Rumah Bekas Jika Terdapat 4 tanda-tanda ini!

September 15, 2016

|

Category: Investment, Property, Real Estate, Tips

Luangkan waktu dan effort lebih saat memutuskan untuk membeli rumah bekas. Anda tidak tahu “riwayat”nya yang mungkin bisa menjadi bencana di masa depan.

Rumah impian tidak selalu berupa bangunan baru. Banyak orang yang ternyata menjatuhkan pilihannya pada rumah second sebagai tempat tinggal yang ideal. Lokasi yang strategis hingga harga yang bisa ditawar menjadi kelebihan yang membuatnya tetap diburu banyak orang. Salah satu keuntungan yang tidak kalah penting adalah Anda bisa memeriksa secara fisik sebelum memutuskan untuk membelinya. Namun berhati-hatilah jika menemukan hal-hal berikut, pasalnya itu bisa menjadi indikator bahwa rumah tidak layak untuk dihuni.

Kualitas Bangunan yang Tidak Baik

Manfaatkan kesempatan Anda saat survey langsung untuk mengetahui betul kondisi hunian yang Anda dibeli. Kondisi seperti bercak kekuningan pada dinding, plafon yang mulai rapuh atau retakan halus pada dinding adalah beberapa tanda bahwa bangunan tidak dalam kondisi yang baik. Jika kurang yakin, bawalah teman yang lebih mengerti soal artistektural untuk membantu Anda menilai bangunan tersebut.

Masa Ketahanan Bangunan Tidak Lama

Anda tentu tidak ingin tinggal di rumah yang sebentar lagi akan ambruk. Carilah informasi tentang tahun pembangunan untuk mengukur kualitas fondasi bangunan. Jika rumah tersebut sudah berumur lebih dari 30 tahun namun tidak dilakukan revonasi total di beberapa bagian, Anda tentu harus berhati-hati jika ingin membelinya.

Sirkulasi Udara dan Pencahayaan yang Kurang Baik

Saat ini pada pengembang mengerti betul pentingnya pergantian udara dan intensitas cahaya yang masuk ke dalam ruangan sehingga mengimplementasikannya pada desain rumah. Namun hal tersebut bukan sesuatu yang umum pada rumah-rumah lama. Pastikan Anda memeriksa terlebih dahulu 2 hal tersebut agar tercipta lingkungan yang sehat di dalam rumah.

Surat dan Status Bangunan yang Tidak Jelas

Jika saat Anda menanyakan kedua hal ini pada broker atau pemilik rumah dan tidak mendapat jawaban yang pasti, segera urungkan niat untuk membeli rumah tersebut. Pasalnya surat dan status bangunan adalah 2 syarat penting dalam kepemilikan hunian. Tentu Anda tidak mau harus berurusan dengan hukum atau mengalami penyitaan rumah di kemudian hari.

Hindari 4 kesalahan fatal saal membeli rumah!

 

View
Map

Vida View merupakan area residential dan komersial yang memadukan 3 tower apartment, 42 unit shophouse ekslusif dan 8 unit kios.

Hunian paling prestisius di Sulawesi Selatan menghadirkan gaya hidup urban modern yang eksklusif, desain arsitektur mewah di tengah atmosfer yang sangat hijau, teknologi yang ramah lingkungan, dan fasilitas yang mengakomodasi gaya hidup sehat penghuninya.

CitraGarden dikembangkan untuk menjadi hunian bagi sekitar 800 keluarga modern denan gaya hidup sehat. Rumah-rumah modern yang homey dan cantik, ditunjang lingkungan yang asri dan hijau, serta area komersial CitraGarden juga akan menjadi pilihan ideal untuk memulai bisnis anda,...

Satu-satunya kota mandiri terbesar, termegah dan terlengkap di kota Makassar yang diproyeksikan akan menjadi trend setter baru kawasan residensial mewah berstandar internasional di Sulawesi. CITRAGRAND GALESONG CITY, tempat sempurna untuk merepresentasikan status dan privilege Anda. Konsep self contained city menyediakan fasilitas...

Welcome to CitraLand City: Makassar’s Central Business District Selamat datang di CitraLand City, The Waterfront CBD-Makassar, sebuah konsep superblok terpadu berupa Oceanside Modern Living dengan lokasi emas di depan Pantai Losari dan pusat kota Makassar. Kompleks eksklusif dengan fasilitas...