Investasi Tanah Tidak Ya?

October 10, 2016

|

Category: Investment, Property, Real Estate, Tips

Sebelum menentukan tanah sebagai media investasi Anda, ada baiknya mengenal lebih dekat dan cari tahu apa saja keuntungan dan resiko yang akan ditemui nanti.

 

Investasi, kata satu ini sepertinya sudah jadi istilah yang sangat umum di berbagai kalangan masyarakat. Manfaat investasi yang mampu melipat gandakan dana di kemudian hari membuat banyak orang tergiur, namun tidak tahu media apa yang tepat. Properti bisa dikatakan sebuah media investasi yang menjanjikan, mengingatkan hukum supply demand membuatnya tidak pernah turun harga. Salah satu bentuk properti yang bisa jadi pilihan adalah tanah. Namun sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan, ada baiknya mengenal lebih jauh dan tahu kelebihan dan kekurangan dari berinvestasi tanah.

 

Kelebihan

 

Murah

Tidak seperti bentuk properti yang berupa bangunan seperti rumah, apartemen atau ruko, harga tanah dapat dikatakan cukup murah dan affordable untuk memulai sebuah investasi jangka panjang.

Tidak Perlu Biaya Perawatan

Karena bentuknya hanya sebuah lahan kosong, tentu tidak perlu perawatan intens dan rutin sehingga mengurangi biaya yang harus dikeluarkan.

Capital Gain

Harga tanah akan semakin mahal setiap tahunnya. Dalam waktu 5 tahun, Anda bisa saja sudah mendapati harganya naik 100% dari harga beli sebelumnya.

Dapat Dikembangkan

Anda bisa mengubah fungsinya sesuai dengan keinginan. Misalnya dengan membangun rumah atau ruko yang bisa disewakan setiap bulannya. Tentu hal ini akan menambah keuntungan di luar harga tanah itu sendiri.

 

Kekurangan

Tidak Ada Pemasukan Rutin

Jika tidak dikembangkan menjadi bisnis lainnya, tanah yang Anda miliki hanya bisa menghasilkan saat dijual saja. Tidak seperti rumah atau ruko yang bisa disewakan sehingga ada pemasukan setiap bulannya.

Modal yang Banyak

Tidak seperti investasi properti lainnya, tidak banyak bank yang melayani pembelian tanah dengan sistem cicilan. Cicilan kredit menggunakan fasilitas bank pun hanya dibatasi maksimal 5 hingga 7 tahun. Pastikan Anda menyiapkan dana lebih apabila bank menolak fasilitas kredit Anda.

Sulit Dijual

Tidak banyak orang yang mau membeli sebidang tanah kosong, apalagi jika ukurannya sangat luas. Tidak heran jika tanah termasuk dalam investasi jangka panjang. Jika Anda mau dana yang lebih likuid pastikan tanah yang Anda beli berukuran tidak terlalu besar.

Harga tanah bisa naik drastic karena ini!

View
Map

Vida View merupakan area residential dan komersial yang memadukan 3 tower apartment, 42 unit shophouse ekslusif dan 8 unit kios.

Hunian paling prestisius di Sulawesi Selatan menghadirkan gaya hidup urban modern yang eksklusif, desain arsitektur mewah di tengah atmosfer yang sangat hijau, teknologi yang ramah lingkungan, dan fasilitas yang mengakomodasi gaya hidup sehat penghuninya.

CitraGarden dikembangkan untuk menjadi hunian bagi sekitar 800 keluarga modern denan gaya hidup sehat. Rumah-rumah modern yang homey dan cantik, ditunjang lingkungan yang asri dan hijau, serta area komersial CitraGarden juga akan menjadi pilihan ideal untuk memulai bisnis anda,...

Satu-satunya kota mandiri terbesar, termegah dan terlengkap di kota Makassar yang diproyeksikan akan menjadi trend setter baru kawasan residensial mewah berstandar internasional di Sulawesi. CITRAGRAND GALESONG CITY, tempat sempurna untuk merepresentasikan status dan privilege Anda. Konsep self contained city menyediakan fasilitas...

Welcome to CitraLand City: Makassar’s Central Business District Selamat datang di CitraLand City, The Waterfront CBD-Makassar, sebuah konsep superblok terpadu berupa Oceanside Modern Living dengan lokasi emas di depan Pantai Losari dan pusat kota Makassar. Kompleks eksklusif dengan fasilitas...