Haruskah membeli properti sekarang?

February 11, 2016

|

Category: Finance, Investment, Property, Real Estate, Tips, Trends

 

main image

Banyak orang yang terjebak dengan pemikiran ini, kapankah waktu yang tepat untuk membeli properti. Lalu, kenapa tidak sekarang saja?

Untuk memulai sebuah investasi atau membeli kebutuhan primer seperti properti tentu memakan banyak pertimbangan. Salah satu faktor yang paling mendasar adalah waktu, kapankah saat yang tepat untuk membeli sebuah properti? Apakah tahun ini, 2 tahun atau 5 tahun lagi? Anda bisa terus menebak-nebak sementara harga bahan baku hunian, tanah dan properti terus naik setiap tahunnya.

Membeli sebuah properti memang bukan perkara mudah. Dibutuhkan modal yang cukup besar dan keberanian untuk menentukan pilihan. Program pinjaman dan kredit pun baru dapat diikuti bila telah membayar DP dengan nominal yang tidak sedikit. Namun selama menabung, harga properti pun terus mengalami kenaikan sebanyak 10 hingga 20 persen setiap tahunnya. Lalu sampai kapan tabungan Anda akan cukup untuk membeli properti impian?

  1. Kenaikan Gaji Tidak Akan Pernah Cukup

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kenaikan harga properti selalu melewati kenaikan inflasi setiap tahunnya. Bandingkan dengan persentase kenaikan gaji Anda saat ini, apakah lebih besar atau sama dengan nilai properti setiap tahunnya. Belum lagi dengan suku bunga di tabungan konvensional yang hanya mengalami kenaikan 6 persen per tahun. Tentu hal tersebut tidak akan menutupi kekurang biaya untuk membeli properti impian.

 

  1. Harga Properti Akan terus Naik

Jangan harap sebuah properti akan mengalami penurunan harga karena hal tersebut hampir tidak mungkin terjadi. Rata-rata kenaikan harga properti setiap tahunnya selalu mengesankan. Jika terlalu lama menunda atau menunggu uang terkumpul, hal tersebut tidak akan berbanding lurus dengan harga properti yang ingin dibeli. Misalnya saja uang yang ditabung setiap tahunnya adalah 1 juta untuk membeli hunian seharga 200 juta. Saat uang terkumpul, hunian sudah mengalami kenaikan harga hingga 300 juta. Jika terus menggunakan strategi ini, kemungkinan besar Anda tidak akan pernah mendapatkan properti yang diinginkan.

 

  1. Ketersediaan Lahan yang Berkurang

Saat Anda menabung setiap bulan dengan menyisihkan sebagian penghasilan dan menunggu bertahun-tahun hingga mampu membeli sebuah properti, lahan yang tersedia pun akan terus berkurang. Hal tersebut tentu terjadi karena permintaan yang meningkat setiap tahunnya dan juga akan berpengaruh pada harga properti. Hal inilah yang perlu dipertimbangkan dan menjadi sebuah alasan untuk tidak lagi menunda membeli properti. Jangan menunggu waktu yang tepat, tapi beli dan tunggulah keuntungan datang setiap tahunnya dari berinvestasi properti.

 

View
Map

Vida View merupakan area residential dan komersial yang memadukan 3 tower apartment, 42 unit shophouse ekslusif dan 8 unit kios.

Hunian paling prestisius di Sulawesi Selatan menghadirkan gaya hidup urban modern yang eksklusif, desain arsitektur mewah di tengah atmosfer yang sangat hijau, teknologi yang ramah lingkungan, dan fasilitas yang mengakomodasi gaya hidup sehat penghuninya.

CitraGarden dikembangkan untuk menjadi hunian bagi sekitar 800 keluarga modern denan gaya hidup sehat. Rumah-rumah modern yang homey dan cantik, ditunjang lingkungan yang asri dan hijau, serta area komersial CitraGarden juga akan menjadi pilihan ideal untuk memulai bisnis anda,...

Satu-satunya kota mandiri terbesar, termegah dan terlengkap di kota Makassar yang diproyeksikan akan menjadi trend setter baru kawasan residensial mewah berstandar internasional di Sulawesi. CITRAGRAND GALESONG CITY, tempat sempurna untuk merepresentasikan status dan privilege Anda. Konsep self contained city menyediakan fasilitas...

Welcome to CitraLand City: Makassar’s Central Business District Selamat datang di CitraLand City, The Waterfront CBD-Makassar, sebuah konsep superblok terpadu berupa Oceanside Modern Living dengan lokasi emas di depan Pantai Losari dan pusat kota Makassar. Kompleks eksklusif dengan fasilitas...