Berkebun Hemat Air dengan Xeriscape

August 25, 2016

|

Category: Property, Real Estate, Tips, Trends

Seperti mengerti akan kesibukan para kaum urban, konsep satu ini memberi opsi berkebun dengan perawatan seminimalis mungkin. Simpel, namun bisa tetap terlihat indah!

Banyak dampak positif saat sebuah hunian memiliki ruang hijau yang didesain dengan baik. Anda pasti tahu jika sudah membaca infonya di sini. Namun banyak yang berpendapat bahwa untuk menghadirkan taman, entah itu di dalam atau di luar rumah, akan sangat merepotkan. Aktivitas sehari-hari dirasa sudah cukup padat jika harus ditambah dengan mengurus tanaman yang membutuhkan ketelitian dan ketekunan. Masalah tersebut nyatanya cukup untuk menjadi alasan yang kuat bagi Xeriscape hadir di tengah-tengah keraguan Anda.

Konsep Taman yang Minim Air

Berasal dari bahasa Yunani yaitu xeros yang artinya kering, Xeriscape memiliki pengertian sebagai taman dengan kebutuhan air yang minim. Walaupun begitu, tanaman tetap membutuhkan air untuk hidup namun dalam jumlah yang lebih sedikit dari biasanya. Awalnya konsep ini ditujukan untuk lokasi dengan tingkat kekeringan tinggi, namun sekarang juga hadir sebagai opsi untuk para penggemar berkebun yang tidak punya waktu menyiram tanamannya. Berikut langkah-langkah awal yang bisa diikuti untuk memulai taman Xeriscape Anda sendiri.

Membuat Desain Landscape

Sebelum melakukan penanaman, ada baiknya membuat sketsa taman pada kertas terlebih dahulu. Pilihlah lokasi dan desain taman secara seksama untuk mengukur intensitas cahaya matahari. Dari situ Anda bisa memperkirakan seberapa sering taman harus disiram.

Memilih Tanaman

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, konsep Xeriscape adalah tentang penggunaan tanaman dengan kebutuhan air yang sedikit. Untuk itu cari tahu tanaman apa saja yang masuk ke dalam kualifikasi. Beberapa tanaman yang cocok dengan konsep ini adalah: Kaktus, Lavender Perancis, Mahoni Gunung, Mawar Jurang, Bulu Apache, Pagoda Jepang dan lain-lain.

Cara Menanam yang Tepat

Ada trik khusus untuk menghemat penggunaan air dengan mempertahankan kelembaban tanah. Caranya adalah sebelum melakukan penanaman, terlebih dahulu gali tanah lalu isi dengan air. Setelah meresap, masukkan tanaman dan isi kembali dengan tanah. Penggunaan batu atau jerami juga penting agar tanah tetap dingin dan kandungan air di dalamnya tidak cepat menguap karena terpapar sinar matahari.

Lakukan Penyiraman dengan Cermat

Gunakan ember khusus atau botol spray untuk menyiram. Selain lebih hemat air, tetesan dalam bentuk kecil juga lebih mudah diserap oleh tanaman. Adapun waktu paling efisien menyiram tanaman adalah di sore dan malam hari. Air tidak akan menguap karena sinar matahari dan tanaman punya waktu lebih banyak untuk menyerapnya.

View
Map

Vida View merupakan area residential dan komersial yang memadukan 3 tower apartment, 42 unit shophouse ekslusif dan 8 unit kios.

Hunian paling prestisius di Sulawesi Selatan menghadirkan gaya hidup urban modern yang eksklusif, desain arsitektur mewah di tengah atmosfer yang sangat hijau, teknologi yang ramah lingkungan, dan fasilitas yang mengakomodasi gaya hidup sehat penghuninya.

CitraGarden dikembangkan untuk menjadi hunian bagi sekitar 800 keluarga modern denan gaya hidup sehat. Rumah-rumah modern yang homey dan cantik, ditunjang lingkungan yang asri dan hijau, serta area komersial CitraGarden juga akan menjadi pilihan ideal untuk memulai bisnis anda,...

Satu-satunya kota mandiri terbesar, termegah dan terlengkap di kota Makassar yang diproyeksikan akan menjadi trend setter baru kawasan residensial mewah berstandar internasional di Sulawesi. CITRAGRAND GALESONG CITY, tempat sempurna untuk merepresentasikan status dan privilege Anda. Konsep self contained city menyediakan fasilitas...

Welcome to CitraLand City: Makassar’s Central Business District Selamat datang di CitraLand City, The Waterfront CBD-Makassar, sebuah konsep superblok terpadu berupa Oceanside Modern Living dengan lokasi emas di depan Pantai Losari dan pusat kota Makassar. Kompleks eksklusif dengan fasilitas...