4 Kebiasaan Ini Membuat Ruangan Terasa Sempit!

July 18, 2016

|

Category: Interior, Progress, Property, Real Estate, Tips, Trends

Agar lebih nyaman dan tidak merasa “sesak” saat berada di dalam rumah, buang 5 kebiasaan ini yang ternyata memberi ilusi menyempit pada ruangan.

Menciptakan sense of belonging pada rumah tidak harus berasal dari ruangan yang luas dan besar. Pasalnya, ruangan dengan ukuran yang lebih kecil akan memberi kesan hangat dan kekeluargaan yang memperkuat bounding moment saat berkumpul bersama keluarga. Namun rasa tersebut bisa saja hilang karena 4 hal yang sering ditemui di dalam ruang kecil yang membuatnya terasa menyesakkan dan tidak menyenangkan.

Me”monokrom”kan Semua Hal

Salah satu trik populer yang disarankan banyak orang untuk menyiasati ruangan kecil adalah dengan menggunakan satu warna. Namun banyak yang salah mengartikan dengan benar-benar mengaplikasikan hanya satu jenis tone pada seluruh elemen di dalam ruangan: dinding, furnitur, gorden, karpet dan lain-lain. Kebiasaan ini justru membuat ruangan terasa heavy dan sempit. Tidak ada salahnya untuk mengombinasikan warna lain yang masih satu palet dengan warna primer sebagai variasi dan membentuk ilusi ruangan yang lebih luas.

Terlalu Banyak Hiasan

Perlu diingat kembali bahwa ruangan kecil bukannya showroom untuk koleksi-koleksi Anda. Tahan diri untuk memajang seluruh koleksi berupa hiasan atau ornament di dalam ruangan dan simpan di tempat lain. Pasalnya, kebiasaan ini membuat ruangan terasa penuh dan berantakan. Jika tetap ingin menyimpannya di ruangan tersebut, sediakan lemari display agar terlihat rapi dan compact.

1

 

Gorden Yang Menggantung

Memilih gorden yang hanya menutupi ¾ dari dinding akan memberi ilusi atap terasa lebih rendah. Untuk mengakalinya, pilih gorden yang lebih panjang agar menutupi seluruh bagian dinding. Jika untaian gorden terasa mengganggu, Anda bisa memasang rel gorden mendekati langit-langit sehingga atap tetap terlihat tinggi walaupun gorden hanya menutupi jendela.

2

 

Pencahayaan yang buruk

Tidak sedikit orang yang sengaja mengunakan 1 titik pencahayaan di dalam ruangan dengan alasan suasana redup memberi kesan hangat dan homie. Namun hal tersebut tidak berlaku pada ruangan kecil. Semakin sedikit cahaya, ruangan akan terasa semakin kecil. Perbanyak bukaan agar sinar matahari masuk sebagai pencahayaan alami. Jangan lupa menambah lampu dan kaca yang dapat merefleksikan cahaya agar ruangan terlihat lebih terang dan luas.

Buat ruangan lebih sunyi dan nyaman dengan tips berikut

View
Map

Vida View merupakan area residential dan komersial yang memadukan 3 tower apartment, 42 unit shophouse ekslusif dan 8 unit kios.

Hunian paling prestisius di Sulawesi Selatan menghadirkan gaya hidup urban modern yang eksklusif, desain arsitektur mewah di tengah atmosfer yang sangat hijau, teknologi yang ramah lingkungan, dan fasilitas yang mengakomodasi gaya hidup sehat penghuninya.

CitraGarden dikembangkan untuk menjadi hunian bagi sekitar 800 keluarga modern denan gaya hidup sehat. Rumah-rumah modern yang homey dan cantik, ditunjang lingkungan yang asri dan hijau, serta area komersial CitraGarden juga akan menjadi pilihan ideal untuk memulai bisnis anda,...

Satu-satunya kota mandiri terbesar, termegah dan terlengkap di kota Makassar yang diproyeksikan akan menjadi trend setter baru kawasan residensial mewah berstandar internasional di Sulawesi. CITRAGRAND GALESONG CITY, tempat sempurna untuk merepresentasikan status dan privilege Anda. Konsep self contained city menyediakan fasilitas...

Welcome to CitraLand City: Makassar’s Central Business District Selamat datang di CitraLand City, The Waterfront CBD-Makassar, sebuah konsep superblok terpadu berupa Oceanside Modern Living dengan lokasi emas di depan Pantai Losari dan pusat kota Makassar. Kompleks eksklusif dengan fasilitas...